Capaian Pembelajaran Lulusan

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Bersama Stakeholder

1. Sekilas Tentang Prodi

    AspekDeskripsi
    Visi KeilmuanVisi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika adalah Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang bermutu dan berdaya saing di Asia Tenggara pada tahun 2042 yang menekankan pada pengembangan media pembelajaran konkret dan penelitian pendidikan berkelanjutan yang berbasis ICT melalui pendekatan konstruktivisme
    Profil lulusanProfil Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika IPI Garut adalah menjadi Pendidik di bidang Matematika, Wirausaha/Pekerja, dan melanjutkan ke jenjang S2. Adapun deskripsi dari profil lulusan tersebut adalah lulusan S1 pendidikan matematika menjadi guru di jenjang sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas yang memiliki kompetensi matematis yang terintegrasi dengan teknologi pembelajaran, lulusan S1 pendidikan matematika memiliki kompetensi sebagai Eduprener terutama dalam membimbing belajar, dan terampil bekerja dengan angka, melakukan analisis matematis, dan menggunakan perangkat lunak sesuai dengan bidang pekerjaanya, dan lulusan S1 pendidikan matematika memiliki IPK yang memadai.
    Tujuan Program StudiTujuan Program Studi Pendidikan Matematika adalah: Menghasilkan pendidik di bidang matematika pada lembaga pendidikan formal, dan non- formal.Menghasilkan pewirausaha terutama dalam bidang pembelajaran matematika atau pekerja yang terampil bekerja dengan angka, melakukan analisis matematis, dan menggunakan perangkat lunak sesuai dengan bidang pekerjaannya yang bermutu dan berdaya saing.Menghasilkan lulusan yang siap untuk melanjutkan ke program pendidikan pascasarjana.
    AspekDeskripsi
    Strategi Pencapaian TujuanTerselenggaranya Tridharma Perguruan Tinggi, yang mencakup: pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang terintegrasi dengan teknologi pembelajaran yang bermutu dan berdaya saing.Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam mengikuti program MKBM Kemdikbud.Meningkatkan target IPK lulusan minimal 3,25.Meningkatkan publikasi karya ilmiah berbasis ICT dalam jurnal dan seminar prosiding antara dosen tetap program studi dan atau mahasiswa.Terselenggaranya Tridharma Perguruan Tinggi, yang mencakup: pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang mengembangkan kepribadian yang jujur dan tanggung jawab.Meningkatkan kualitas produk atau jasa dosen tetap dan mahasiswa program studi yang diadopsi oleh masyarakat. Strategi pencapaian tujuan tersebut dilaksanakan dengan pemenuhan standar mutu SPMI IPI Tahun 2023, yaitu standar Visi Misi, Standar Masukan Pendidikan, Standar Proses Pembelajaran, Standar Luaran Pendidikan, Standar Proses Penelitian, Standar Luaran Penelitian, Standar Proses Pengabdian Kepada Masyarakat, Standar Luaran Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Standar Kemahasiswaan.

    Tabel

    Hubungan Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran, Bahan Kajian dan Mata Kuliah

    Profil LulusanCapaian Pembelajaran LulusanBahan KajianMata Kuliah
    Menjadi Pendidik di bidang MatematikaPengetahuan (P-1): Mengkaji konsep, prinsip, prosedur pengetahuan matematika, teknologi kependidikan, dan prinsip didaktik-pedagogis yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan menengah dengan jujur dan tanggung jawab.   Keterampilan Khusus (KK-1): Mampu mengembangkan pemikiran matematis, dan menganalisis kurikulum matematika Sekolah Menengah serta implementasinya dalam proses pembelajaran berbasis technological pedagogical content knowledge (TPCK) dengan jujur dan tanggung jawab  Bahan Kajian AljabarPengantar Dasar MatematikaTeori BilanganAljabar dan TrigometriAljabar LinearProgram Linear
    Bahan Kajian GeometriGeometri AnalitikGeometri Traansformasi
          Bahan Kajian StatistikStatistika DeskriptifStatistika InferensialPenelitian Pendidikan MatematikaStatistika MatematikaMetode Penelitian Kualitatif (Pil)Pengolahan DataSeminar Proposal PenelitianMetode Statistika Multivariat (Pil)Komputasi Statistika (Pil)
            Bahan Kajian AnalisisKalkulus DiferensialKalkulus IntegralKalkulus Peubah BanyakMatematika DiskritAnalisis RealTeori GrupPersamaan Diferensial BiasaKajian           Jurnal                     Pendidikan MatematikaKajian High Order Thinking Skills (Pil)Metode Numerik
    Profil LulusanCapaian Pembelajaran LulusanBahan KajianMata Kuliah
       Pengantar TopologiTeori RingKajian Berpikir Matematis (Pil)Keterampilan Menulis Pendidikan Matematika (Pil)SkripsiKalkulus VektorFungsi Variabel Kompleks
        Bahan Kajian PBM (Proses Belajar Mengajar)Belajar           dan                      Pembelajaran MatematikaTelaah Kurikulum MatematikaDesain Pembelajaran MatematikaEvaluasi Pembelajaran MatematikaPembelajaran MikroKajian RME (Pil)
              Bahan Kajian Matematika SekolahKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Dasar IKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Dasar IISejarah dan Filsafat MatematikaBahasa Inggris untuk MatematikaMembaca dan Membuktikan dalam MatematikaKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Menengah IMedia Pembelajaran MatematikaKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Menengah IIAplikasi           Komputer                        untuk Matematika
    Profil LulusanCapaian Pembelajaran LulusanBahan KajianMata Kuliah
       Multimedia Pendidikan Matematika (Pil)Edupreneur Matematika (Pil)
    Menjadi, Wirausaha /PekerjaPengetahuan (P-2): Mengkaji pengetahuan dasar kewirausahaan, pengetahuan manajemen, dan kemampuan komunikasi publik, dengan jujur dan tanggung jawab.   Keterampilan Khusus (KK-2): Mampu mengembangkan kemampuan analitis yang lebih tinggi dan memecahkan masalah yang kompleks, serta merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika, untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika, serta mempublikasikan hasilnya melalui seminar atau jurnal ilmiah dengan jujur dan tanggung jawab Keterampilan Khusus (KK-3): Mampu merancang dan melaksanakan kewirausahaan di bidang pendidikan matematika dengan jujur dan tanggung jawab    Bahan Kajian StatistikStatistika DeskriptifStatistika InferensialMetode Penelitian Kualitatif (Pil)Pengolahan DataMetode Statistika Multivariat (Pil)Komputasi Statistika (Pil)
              Bahan Kajian Matematika SekolahKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Dasar IKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Dasar IIKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Menengah IMedia Pembelajaran MatematikaKapita         Selekta                    Matematika Pendidikan Menengah IIAplikasi           Komputer                        untuk MatematikaMultimedia Pendidikan Matematika (Pil)Edupreneur Matematika (Pil)
    Melanjutkan ke jenjang S2Pengetahuan (P-3): Mengkaji dan menganalisis konsep matematika, dan teknik dasar penelitian di bidang pendidikan matematika secara lebih mendalam, serta pembelajarannya yang diperlukan untuk studi ke  Bahan Kajian StatistikStatistika DeskriptifStatistika InferensialMetode Penelitian Kualitatif (Pil)Pengolahan DataMetode Statistika Multivariat (Pil)Komputasi Statistika (Pil)
    Profil LulusanCapaian Pembelajaran LulusanBahan KajianMata Kuliah
     jenjang yang lebih tinggi dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Keterampilan Khusus (KK-2): Mampu mengembangkan kemampuan analitis yang lebih tinggi dan memecahkan masalah yang kompleks, serta merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika, untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika, serta mempublikasikan hasilnya melalui seminar atau jurnal ilmiah dengan jujur dan tanggung jawab          Bahan Kajian AnalisisMatematika DiskritAnalisis RealTeori GrupKajian           Jurnal                     Pendidikan MatematikaKajian High Order Thinking Skills (Pil)Metode NumerikTeori RingKajian Berpikir Matematis (Pil)Keterampilan Menulis Pendidikan Matematika (Pil)Skripsi
    Bahan Kajian PBM (Proses Belajar Mengajar)  Telaah Kurikulum MatematikaDesain Pembelajaran MatematikaEvaluasi Pembelajaran Matematika

    2. Keunggulan Prodi

    • Akreditasi Program Studi
    • Prestasi Mahasiswa: Prestasi Internasional

    3. Prospek Karir

    • ASN/PPPK Guru
    • Wirausaha/Pekerja

    KARYAWAN BNI

    Korea Translator: PT. Lotte Chemical Indonesia

    Tutor: Juara Muda Nusantara

    • Melanjutkan ke jenjang Pascasarjana

    Dr. Irena Puji Luritawaty, M.Pd.

    Dr. Diar Veni Rahayu, M.Pd.

    • Link Sosial Media

    HIMADIKMATIKA IPI GARUT

    https://youtube.com/@himadikmatikaipigarut2580

    https://www.instagram.com/himadikmatikaipi?igsh=bXFydnczGNkNkN2Q5